Polres Kuansing Taja Lomba Batu Domino, Laksanakan Aturan PORDI Semarakkan HUT Bhayangkara ke 76

KUANSING – Kepolisian Resort (Polres) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, open turnamen domino pada Jum’at (24/06/2022) malam di Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Kuantan Tengah. Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 76 tahun 2022.

Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata, SIK.,M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa, dilaksanakannya kegiatan turnamen batu domino ini adalah dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara ke 76 tahun 2022 dan menjalin silaturahmi bersama masyarakat.

Disamping itu, Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata, SIK.,M.Si berharap, agar turnamen ini menjadi satu kegiatan yang bermanfaat, dan mencetak atlet terbaik Kuansing di Cabang Olahraga (Cabor) domino.

Dikatakan Rendra, permainan domino ini biasanya menjadi ajang perjudian, namun dengan disahkannya domino sebagai salah satu cabang olah raga, maka permainan domino diperlombakan untuk mencari bakat dan atlet terbaik, yang akan diperlombakan di tingkat provinsi bahkan nasional serta internasional nantinya.

“Dengan telah disahkannya domino sebagai cabang olah raga, maka untuk menyambut dan memeriahkan HUT Bhayangkara ke 76 tahun 2022, sah turnamen domino ini dibuka secara resmi,” begitu kata Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata, SIK.,M.Si dalam sambutannya.

Dikatakan Kapolres, pegelaran turnamen domino ini terbuka bagi seluruh kalangan masyarakat Kuantan Singingi. Domino ini menjadi salahsatu bentuk olah raga kecerdasan yang ada dalam sebuah event kegiatan olah raga.

“Turnamen Domino ini kita buka untuk umum. Dimulai dari hari ini, Jum’at hingga Ahad malam sebagai malam final. Siapa saja boleh mengikuti turnamen ini. Turnamen domino ini, selain ajang silaturahmi, juga sebagai bentuk kedekatan kepolisian dengan masyarakat. Permainan domino ini adalah bentuk olah raga kecerdasan,” kata Kapolres Rendra membeberkan.

Harapannya, kegiatan domino ini benar-benar menjadi sebuah prestasi yang bisa membawa atlet kabupaten Kuantan Singingi ke event provinsi, atau mungkin bahkan ke event nasional.

Lebih lanjut Kapolres Rendra mengatakan, dirinya yakin dan percaya melalui kegiatan ini masyarakat kabupaten Kuantan Singingi bisa menjadi yang terbaik dan mengikuti proses permainan yang sudah ditetapkan sistem permainannya oleh Persatuan Olahraga Domino Indonesia (PORDI).

Bupati Kuantan Singingi, Drs. H Suhardiman Amby, Ak.MM diwakili Asisten III Sekretariat Daerah Pemda Kuantan Singingi, Dr. Agus Mandar, S.Sos, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan turnamen Domino Polres Kuansing adalah kegiatan yang banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini terlihat antusiasnya warga masyarakat kabupaten Kuantan singingi mengikuti acara turnamen domino ini.

Dikatakan Dr. Agus Mandar, bahwa giat domino ini akan menjadi salah satu turnamen untuk penyeleksian pemain terbaik, dirinya mengapresiasi kegiatan ini karena Kuantan Singingi secara struktural masyarakatnya identik dengan kedai kopi.

Menurut Agus Mandar, kedai kopi adalah wadah untuk bersilaturahim bagi masyarakat. Kedai kopi juga sumber berita sehingga melalui kedai kopi itulah semua informasi dapat tersampaikan kepada masyarakat. Kedai kopi juga identik dengan adanya domino.

“Kita apresiasi kegiatan turnamen domino ini. Inilah nilai positifnya, domino tanpa judi. Dominonya oke, judinya no. Mudah-mudahan dengan ditajanya turnamen ini oleh Polres Kuansing, akan mencetak atlet domino Kuansing nantinya,” begitu harap Asisten III Sekretariat Daerah Pemda Kuantan Singingi, Dr. Agus Mandar, S.Sos, M.Si menyampaikan.

Sementara itu, Ketua umum PORDI Kuansing, H Marwan Yohanis dalam arahannya mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke 76 tahun 2022. “Selamat Hari Ulang Tahun yang ke 76 Bhayangkara, semoga malam ini menjadi malam yang berbahagia buat kita semua.”

H Marwan Yohanis juga mengatakan dalam arahannya, bahwa PORDI telah membuat dan menyatu dengan ketentuan nasional sekaligus ketentuan internasional.

Menurut Marwan Yohanis, domino sudah masuk salahsatu cabang olahraga yang dipertandingkan secara resmi pada event-event olahraga secara nasional, baik itu di Pekan Olahraga Nasional (PON) ataupun di pekan olahraga lainnya.
Maka, dalam hal ini dibentuklah berbagai aturan baru, cara mainnya sama namun cara penghitungannya berbeda.

“Sekarang ini, Alhamdulillah pelaksana pertamanya adalah Polres Kuantan Singingi di provinsi Riau. Jadi, peraturan baru dari PORDI, malam inilah pertama kali dipakai dan dipertandingkan,” kata ketua umum PORDI Kuansing membeberkan.

“Alhamdulillah, PORDI diajak kerjasama oleh Polres Kuansing untuk mensosialisasikan dan menerapkan aturan baru ini. Kenapa..??, karena kita ingin menjadikan domino ini betul-betul sebagai cabang olahraga. Sehingga pemenang pada turnamen ini, apabila tidak ada event lain sesudah ini sampai pelaksanaan event di provinsi, maka pemenang pada turnamen kali ini akan menjadi atlet yang mewakili Kuantan Singingi ke provinsi Riau,” ungkap Ketua Umum PORDI Kuansing H Marwan Yohanis yang juga sebagai anggota DPRD Provinsi Riau.

Lanjut Marwan, “karena provinsi sebentar lagi juga akan melaksanakan event. Jadi pemenang di provinsi nanti akan ikut berlaga di event nasional tepatnya di Bandung,” kata Marwan mengungkapkan.

“Di situ akan berlomba PORDI seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Dibeberkan Marwan, bahwa dalam rapat PORDI di Provinsi beberapa waktu lalu, “apa yang saya terima pada rapat di provinsi Riau, secara internasional, pertandingan domino dengan aturan yang sama ini, akan dilaksanakan di Los Angeles, Amerika Serikat,” kata Marwan membeberkan.

“Jadi, kalau atlet malam ini bisa mewakili Indonesia, maka berlaga lah dengan sportifitas,” demikian kata Ketua Umum PORDI Kuansing, H Marwan Yohanis menyampaikan.

Dari pantauan media ini, terlihat hadir dalam giat lomba batu domino yang ditaja Polres Kuansing tersebut, Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata, SIK.,M.Si, didampingi Wakapolres Kuansing, Kompol Lilik Surianto, S.ST., S.H , Plt Bupati Kuansing Drs. H Suhardiman Amby, Ak.,MM diwakili Asisten III Sekretariat Daerah Pemda Kuantan Singingi, Dr. Agus Mandar, S.Sos, M.Si, Ketua Umum PORDI Kuansing, H Marwan Yohanis, para Kapolsek se Kabupaten Kuantan Singingi, terlihat juga para Kepala Dinas dan para peserta dari kecamatan se Kuantan Singingi.

Semangat dan antusias warga masyarakat membuat lebih semaraknya kegiatan lomba batu domino yang ditaja Polres Kuansing. Hingga memenuhi pekarangan Mapolsek Kuantan Tengah, bahkan dari luar pagar warga masyarakat menyaksikan laga pertandingan cerdas ini.**(ald)